COACHING METODELOGI PENELITIAN KOMUNIKASI

ILMU KOMUNIKASI/Program Studi Ilmu Komunikasi bersama Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unimal (HIMAKO) secara berkelanjutan adakan Coaching, workshop Metodelogi atau Penguatan Metode Penelitian Komunikasi (Scientific Writing) Di Aula Fisip Universitas Malikussaleh, Bukit Indah, Sabtu (19/10). Coaching atau Workshop Metodelogi Penelitian kali ini memperkuat tema “nuansa penelitian Komunikasi kuantitatif dikalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unimal”.  Menghadirkan Narasumbe Dr. Nuriman Abadullah, M.Ed.,P.hD Akademisi IAIN Malikussaleh dan Dr. Ratri Candrasari M.Pd bersama Kamaruddin Hasan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi.

Acara dipandu oleh Ilhamsyah Pinem mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017, coaching atau workshop metodologi penelitian dihadiri oleh puluhan mahasiswa Ilmu Komunikasi terutama mahasiswa yang sedang mengambil Matakuliah Metodelogi Penelitian Komunikasi (MPK) dan mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir skripsi, juga dihadiri beberapa dosen Ilmu Komunikasi.

Pada sesi I Dr. Ratri Candrasari  menyampaikan materi tentang prinsip dasar perbedaan kuantitatif dan kulitatif dalam metodelogi Penelitian Komunikasi. Sesi II Sedangkan Dr. Nuriman Abadullah, M.Ed.,P.hD, menyampaikaan materi teknis untuk Scientific Writing Metode kuantitatif dalam ranah Ilmu Komunikasi.

Pada sesi III Kamaruddin Hasan memaparkan pentingnya pemahaman mendalam tentang objek material dan objek formal ilmu komunikasi, sehingga lebih focus dan tidak keluar dari jalur kajian Ilmu Komunikasi sebagai ilmu yang multidisipliner dan interdisipliner.

Selain itu,  Kamaruddin Hasan menekankan, pentingnya menguasai metodelogi dalam proses penulisan karya ilmiah atau scientific writing. Kemampuan metodelogi dan menulis tidak hanya berguna dalam menyusun karya ilmiah bagi mahasiswa S1, S2 dan S3, namun dalam dunia kerjapun kemampuan penguasaan metode dalam menulis sangat berguna dan terbukti dapat memperbaiki dan mempercepat karir yang baik dan benar seseorang.

Termasuk, dalam kurikulum ilmu komunikasi Fisip Unimal, matakuliah yang berkaitan dengan metodelogi dapat ditemukan pada Matakuliah; Filsafat Ilmu Komunikasi, Metode Penelitian Sosial (MPS), Pengantar Statistik, Metode Penelitian Komunikasi I (Kualitatif) dan Metode Penelitian Komunikasi II (Kuantitatif). Artinya tidak alasan bagi mahasiswa ilmu komunikasi tidak menguasai metodelogi dalam melakuka penelitian.

Prodi Ilmu Komunikasi telah mereview kurikulumnya secara kontiu, kurikulum yang mampu beradaptasi dengan apapun termasuk perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Artinya kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi mesti mampu menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dan sejalan dengan perubahan yang ada.

Lebih lanjut, menurutnya, realitas atau fenomena Ilmu komunkasi yang terus berkembangan zaman sekarang, selain menggunanakan paradigm positifisme juga sangat diperlukan pendekatan atau paradigm post positifisme sampai paradigm kritis dalam mengkaji fenomena Komunikasi. Mampu membuat aneka kajian, penelitian sekaligus solusi bagaimana mengatasi berbagai permasalahan dalam komunikasi termasuk dari perubahan teknologi komunikasi dan informasi yang berlangsung amat cepat.

Ketua pelaksana kegiatan M. Fildza Ramadhani, menyebutkan tujuan diadakan kegiatan Coaching scientific writing atau Penguatan Metodelogi Penelitian Komunikasi bagi mahasiswa Ilmu KOmunikasi untuk memperdalam pengetahuan basic Metodelogi penelitian Komunikasi bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi terutama mahasiswa yang sedang mengambil matakuliah metodelogi dan mahasiswa yang sedangn menyusun proposal dan skripsi.

Read Previous

Album Putra Putri Komunikasi (PPK) 2019

Read Next

STATUTA & OTK UNIVERSITAS MALIKUSALEH

Leave a Reply