Manajemen Komunikasi

Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Program studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi manajemen komunikasi (Communication management) adalah konsentrasi yang memfokuskan kajiannya pada corporate and marketing communication.

Konsentrasi Manajemen Komunikasi bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki keterampilan dasar komunikasi, memiliki kemampuan manajerial, memahami dan dapat mengaplikasikan aspek teoritis komunikasi, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, memiliki kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi dan mengembangkan alternatif solusi, merancang strategi komunikasi pemasaran serta mengelola alat-alat promosi, dapat mempraktikkan komunikasi kepemimpinan, dapat mengelola program-program pengembangan sumber daya manusia komunikasi dalam perusahaan serta dapat mengaudit pelaksanaan komunikasi bisnis dan pemasaran.

Bahan kajian utama knsentrasi ini meliputi dasar manajemen, dasar komunikasi, komunikasi organisasional dan manajerial, teori komunikasi, teknologi komunikasi dan informasi, perencanaan program, strategi komunikasi pemasaran, dan metode penelitian.

Prospek Kerja:

Prospek kerja bagi lulusan prodi Ilmu Komunikasi konsentrasi manajemen komunikasi sangat terbuka lebar, meliputi Manajer komunikasi perusahaan (corporate communication manager) pada berbagai organisasi laba atau pun nirlaba, perusahaan Negara maupun swasta; Manajer komunikasi pemasaran (marketing communication manager) pada berbagai bidang perusahaan; Manajer pelatihan SDM pada berbagai organisasi; Konsultan komunikasi bisnis dan pemasaran (Bussiness and Marketing Communication Consultant), serta Analis Komunikasi Korporat (Corporate Communication Analyst).

Pendidikan Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan lulusan yang yang memiliki integritas keilmuan dan bertindak etis dalam menerapkan Manajemen Komunikasi
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang Manajemen Komunikasi serta mampu memanfaatkan berbagai sumberdaya komunikasi dan menggunakannya untuk memecahkan masalah yang terkait dengan bidang Manajemen Komunikasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalankan profesi di bidang manajemen komunikasi dalam dinamika pembangunan di bidang komunikasi khususnya, dan umumnya di bidang sosial, budaya dan teknologi komunikasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk bekerja secara koperatif dengan berbagai pihak dalam memecahkan masalah dalam kerangka Manajemen Komunikasi.

 

Kompetensi Lulusan Program studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi manajemen komunikasi

Profil dan peran lulusan program studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi adalah:

  • Manajer komunikasi perusahaan (corporate communication manager)
  • Manajer komunikasi pemasaran (marketing communication manager)
  • Konsultan komunikasi bisnis dan pemasaran (Bussiness and Marketing Communication Consultant)
  • Analis Komunikasi Korporat (Corporate Communication Analyst)

Deskripsi Kemampuan Yang Dibutuhkan Untuk Menghasilkan Profil Lulusan:

Manajer komunikasi perusahaan (corporate communication managers)
Mengelola berbagai sumberdaya komunikasi organisasional. Kemampuan yang dibutuhkan:

  1. Basic communication skills (berbicara, menulis, menyimak, visual)
  2. Pemahaman dan keterampilan (kemampuan) manajerial
  3. Pemahaman aspek teoretis komunikasi
  4. Kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi, dan mengembangkan alternatif solusi
  5. Kemampuan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
  6. Kemampuan mengelola kegiatan komunikasi dalam konteks organisasional
  7. Kemampuan mengelola budaya organisasional
  8. Kemampuan mengelola jaringan komunikasi dalam konteks organisasional
  9. Kemampuan leadership dan entrepreneurship

Manajer komunikasi pemasaran (marketing communication managers)

Untuk mengelola berbagai aspek tools of promotion dalam konteks organisasional. Kemampuan yang dibutuhkan:

  1. Basic communication skills (berbicara, menulis, menyimak, visual)
  2. Pemahaman dan keterampilan (kemampuan) manajerial
  3. Pemahaman aspek teoretis komunikasi
  4. Kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi pemasaran, dan mengembangkan alternatif solusi
  5. Kemampuan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
  6. Kemampuan mengelola kegiatan komunikasi dalam konteks organisasional
  7. Kemampuan mengelola budaya organisasional
  8. Kemampuan mengelola jaringan komunikasi pemasaran
  9. Kemampuan leadership dan enterpreneurship
  10. Kemampuan dalam merancang strategi komunikasi pemasaran serta mengelola alat-alat promosi

Konsultan komunikasi bisnis dan pemasaran

Memberi pelayanan jasa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program komunikasi komersial dan sosial. Kemampuan yang dibutuhkan:

  1. Basic communication skills (berbicara, menulis, menyimak, visual)
  2. Pemahaman dan keterampilan (kemampuan) manajerial
  3. Pemahaman aspek teoretis komunikasi
  4. Kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi bisnis dan pemasaran, serta mengembangkan alternatif solusi
  5. Kemampuan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
  6. Kemampuan mengelola kegiatan komunikasi dalam konteks organisasional
  7. Kemampuan mengelola budaya organisasional
  8. Kemampuan mengelola jaringan komunikasi pemasaran
  9. Kemampuan leadership dan enterpreneurship
  10. Kemampuan dalam merancang strategi komunikasi bisnis dan pemasaran

Auditor Komunikasi Organisasional

Melakukan pemeriksaan dan penilaian terhadap program komunikasi dalam konteks komersial dan social

  1. Basic communication skills (berbicara, menulis, menyimak, visual)
  2. Pemahaman dan keterampilan (kemampuan) manajerial
  3. Pemahaman aspek teoretis komunikasi
  4. Kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi bisnis dan pemasaran, serta mengembangkan alternatif solusi
  5. Kemampuan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
  6. Kemampuan mengaudit budaya organisasional
  7. Kemampuan mengaudit jaringan komunikasi pemasaran
  8. Kemampuan leadership dan enterpreneurship
  9. Kemampuan dalam mengaudit pelaksanaan program komunikasi bisnis dan pemasaran
  10.  

KOMPETENSI UTAMA

Kompetensi utama untuk Konsentrasi  Manajemen Komunikasi adalah:

  1. Basic communication skills (berbicara, menulis, menyimak, visual) Dan keterampilan (kemampuan) manajerial
  2. Pemahaman aspek teoretis komunikasi dan konsep manajemen
  3. Kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi, dan mengembangkan alternatif solusi
  4. Kemampuan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
  5. Kemampuan leadership dan enterpreneurship
  6. Kemampuan mengelola kegiatan komunikasi dalam konteks organisasional.
  7. Kemampuan mengelola budaya organisasional
  8. Kemampuan menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem informasi dalam konteks organisasi
  9. Kemampuan mengelola jaringan komunikasi dan jaringan komunikasi pemasaran dalam konteks organisasional
  10. Kemampuan merancang strategi komunikasi bisnis dan komunikasi pemasaran serta mengelola alat-alat promosi